Mutiara, Kadek Mirahana Sena (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA KARTU PAPAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HURUF HIRAGANA SISWA KELAS X PERHOTELAN 1 SMK PARIWISATA BANYUATIS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112061010-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112061010-ABSTRAK.pdf Download (906kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112061010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (389kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112061010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112061010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112061010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112061010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112061010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112061010-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media kartu papan interaktif terhadap kemampuan penguasaan hiragana siswa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif NHT. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas X Program Keahlian perhotelan di SMK Pariwisata Banyuatis. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan angket, kemudian dianalisis secara kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis hiragana siswa meningkat pada setiap siklus pembelajaran. Nilai rata-rata pre-test adalah 51,5 dengan tingkat pencapaian 12,5%. Setelah siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 65,9 dengan pencapaian 45,8%. Pada akhir siklus II, nilai rata-rata mencapai 70 dengan pencapaian 70,8%, dan pada akhir siklus III meningkat signifikan menjadi 86,9 dengan pencapaian 95,83%. Selain itu, respons siswa terhadap pembelajaran ini sangat positif, dengan skor rata-rata 4,0 dari kuesioner yang diberikan.Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif NHT berbantuan media interactive board card efektif meningkatkan penguasaan hiragana serta mampu membangkitkan minat dan partisipasi aktif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif, Numbered Heads Together, Bahasa Jepang. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Kadek Mirahana Sena Mutiara |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 01:27 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |