Manu, Ferderika Nofriyanti (2025) Pengaruh Self-Efficacy Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Penggerak di SD Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329041029-COVER.pdf Download (910kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041029-ABSTRAK.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041029-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self-efficacy dan motivasi kerja terhadap kinerja guru penggerak di Sekolah Dasar (SD) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya peran guru penggerak dalam transformasi pendidikan, yang menuntut kompetensi tinggi, semangat kerja, serta keyakinan diri dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto yang melibatkan 69 guru penggerak yang tersebar di berbagai SD di Kota Kupang sebagai responden. Pemilihan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan pengujian data dianalisis menggunakan program SPSS versi 27.00 dengan teknik regresi sederhana dan linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh self-efficacy terhadap kinerja guru penggerak dengan koefisien determinasi R Square menunjukan bahwa variabel self efficacy memberikan kontribusi sebesar 12,3% terhadap kinerja. Selain itu motivasi kerja dengan koefisien determinasi R Square menunjukan bahwa variabel motivasi kerja memberikan kontribusi sebesar 34,5% terhadap kinerja dan Secara simultan, self-efficacy dan motivasi kerja memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kinerja guru penggerak, diperoleh nilai F_hit= 18,257 dengan signifikansi 0,001 Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat self-efficacy dan motivasi kerja yang dimiliki guru, maka semakin baik pula kinerja yang ditunjukkan dalam menjalankan peran sebagai agen perubahan di lingkungan sekolah. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa peningkatan kepercayaan diri dan dorongan motivasi dalam diri guru perlu menjadi perhatian dalam perencanaan dan pelaksanaan program pengembangan profesional guru yaitu pada guru penggerak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-efficacy, motivasi kerja, kinerja, guru penggerak |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ferderika Nofriyanti Manu |
Date Deposited: | 26 Jul 2025 08:10 |
Last Modified: | 26 Jul 2025 08:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26093 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |