KRISMAPERA, KRISMAPERA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD PADA MATERI SISTEM TATA SURYA BERBASIS ASSEMBLR EDU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 218/IV JAMBI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329041021-COVER.pdf Download (571kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041021-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (641kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2329041021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041021-Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Assemblr Edu dalam meningkatkan motivasi belajar serta hasil belajar peserta didik kelas VI di SDN 218/IV Kota Jambi tahun pelajaran 2024/2025. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan tes pilihan ganda. Data validitas media pembelajaran diperoleh dari 2 orang ahli yang menilai pada aspek media dan materi pembelajaran serta bahasa. Data kepraktisan media diperoleh dari praktisi lapangan meliputi 2 orang guru dan 6 peserta didik dalam uji coba kelompok kecil. Data uji efektivitas menggunakan desain one group pre-test post test terhadap 30 peserta didik sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Media Pembelajaran Assemblr Edu memiliki design yang dibuat menggunakan aplikasi resmi dari Assemblr Edu dengan spesifikasi dari segi ukuran, animasi materi,hingga karakter serta ilustrasi yang menarik, 2) media pembelajaran Assemblr Edu sudah memenuhi uji validasi kelayakan produk yang dilakukan oleh para ahli materi dengan skor sebesar 95% dan ahli media dengan skor sebesar 97% sehingga dapat dikategorikan “sangat layak”, 3) uji kepraktisan guru diperoleh skor sebesar 96% dan kepraktisan peserta didik diperoleh sekor sebesar 97% dapat dikategorikan “sangat praktis”, 4) uji efektivitas menggunakan uji paired sample t-test pada motivasi dan hasil belajar peserta didik yang telah dilakukan dapat terlihat bahwa kedua nilai signifikan (sig 2 tailed) yaitu sebesar 0,000 < ∞ = 0,05 dapat dikategorikan “sangat efektif”. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara data pre-test dan post-test motivasi dan hasil belajar terhadap penggunaan media pembelajaran Assemblr Edu pada materi sistem tata surya yang telah diterapkan di SDN 218/IV Kota Jambi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, Flashcard, Assemblr Edu, motivasi dan hasil belajar, |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | KRISMAPERA |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 09:18 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 09:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26100 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |