Trisnawati, Komang (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD GUGUS XIII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031358-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031358-ABSTRAK.pdf Download (74kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031358-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (264kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031358-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031358-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (941kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031358-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031358-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031358-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031358-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing berbasis Tri Hita Karana terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Gugus XIII kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu dengan populasi penelitian siswa kelas IV SD Gugus XIII Kecamatan Buleleng, tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 177 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas IV SD Negeri 1 Banjar Tegal yang berjumlah 28 siswa dan kelas IV SD Negeri 1 Baktiseraga yang berjumlah 28 siswa. Data hasil belajar dikumpulkan dengan metode tes yaitu dengan tes pilihan ganda. Hipotesis penelitian di uji menggunakan uji t jenis Independent Sample Test. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan bantuan SPSS 17.0 menunjukan bahwa thitung = 7,195 > ttabel 2,00 (pada taraf signifikansi 5%), sehingga Ho ditolak dan H1 diterima.. Adapun nilai rata- rata kelompok eksperimen yaitu 15,78 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 12,78. Berdasarkan hasil uji hipotesis menujukkan terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Dengan demikian model Kooperatif Tipe Role Playing berbasis Tri Hita karana berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan penelitian menganai model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing berbasis Tri Hita Karana bisa dijadikan penunjang dan inovasi dalam proses pembelajaran yang dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: hasil belajar bahasa indonesia, role playing, tri hita karana
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar bahasa indonesia, role playing, tri hita karana |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Trisnawati |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 11:42 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 11:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2622 |
Actions (login required)
View Item |