MODEL KONSEPTUAL PENERIMAAN NILAI DAN PEMBIASAAN PERILAKU BERBASIS NILAI PANCASILA DALAM KAITANNYA DENGAN KONTRIBUSI PEMBELAJARAN IPS, PENDIDIKAN PANCASILA, DAN P5 DI SMP

Hermalini, Ni Wayan Yuly (2025) MODEL KONSEPTUAL PENERIMAAN NILAI DAN PEMBIASAAN PERILAKU BERBASIS NILAI PANCASILA DALAM KAITANNYA DENGAN KONTRIBUSI PEMBELAJARAN IPS, PENDIDIKAN PANCASILA, DAN P5 DI SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329091012-Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329091012-Abstrak.pdf

Download (550kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329091012-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329091012-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329091012-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329091012-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329091012-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329091012-Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329091012-Lampiran.pdf

Download (24MB)

Abstract

ABSTRAK Hermalini, Ni Wayan Yuly (2025), Model Konseptual Penerimaan Nilai Dan PembiasaanPerilaku Berbasis Nilai Pancasila Dalam Kaitannya Dengan Kontribusi Pembelajaran IPS, Pendidikan Pancasila, Dan P5 Di SMP. Tesis, Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Sukadi, M.Pd., M.Ed, dan Pembimbing II : Prof. Dr. Drs. I Wayan Kertih, M Pd Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya menemukan model konseptual untuk menjelaskan tingkat penerimaan nilai-nilai dan pembiasaan perilaku berbasis nilai Pancasila dalam kaitannya dengan kontribusi pembelajaran IPS, Pendidikan Pancasila, dan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di kalangan siswa SMP Negeri di Kecamatan Ubud. Tujuannya adalah untuk: 1) mendeskripsikan kecenderungan penerimaan nilai dan pembiasaan perilaku berbasis nilai Pancasila dalam kaitanya dengan tingkat efektivitas pembelajaran IPS, Pendidikan Pancasila, dan P5 di sekolah; dan 2) menjelaskan model konseptual penerimaan nilai dan pembiasaan perilaku berbasis nilai Pancasila dalam kaitanya dengan kontribusi pembelajaran IPS, Pendidikan Pancasila, dan P5 di kalangan siswa SMP Negeri di Kecamatan Ubud. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian survei. Subjek penelitian yang menjadi populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri di Kecamatan Ubud. Sampel dipilih dengan teknik purposive untuk memilih siswa kelas VIII dan dengan proporsional area random sampling untuk memilih anggota sampel sesuai dengan area sekolahnya. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Ada lima variabel dalam penelitian ini dengan tiga variabel bebas (efektivitas pembelajaran IPS, Pendidikan Pancasila, dan P5, satu variabel penyela /intervening (penerimaan nilai), dan satu variabel terikat (pembiasaan perilaku berbasis nilai Pancasila). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan inventori nilai untuk variabel penyela dan terikat; serta kuesioner untuk ketiga variabel bebas yang diberikan kepada siswa. Data kelima variabel dimanipulasi menjadi data numerik berskala interval. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan analisis regresi dan analsisi jalur (path analysis). Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi computer dengan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. (1) Tingkat penerimaan nilai rerata sedang dan pembiasaan perilaku siswa berbasis nilai Pancasila masih rearata kurang, sedangkan tingkat efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan IPS berada pada kategoro baik, dan Program P5 berada pada kategori sedang. (2) Model yang fit dan signifikan dapat menjelaskan variabilitas tingkat penerimaan nilai dan pembiasaan perilaku berbasis nilai profil pelajar Pancasila baik secara langsung maupun tidak langsung adalah hanya tingkat efektivitas pembelajaran Pancasila. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa guru Pendidikan Pancasila perlu meningkatkan efektivitas pembelajarannya agar dapat meningkatkan lagi tingkat penerimaan nilai dan pembiasaan perilaku siswa berbasis nilai-nilai profil pelajar Pancasila. Kata kunci: Penerimaan Nilai, Pembiasaan Perilaku Berbasis Nilai Pancasila, Pembelajaran IPS, Pendidikan Pancasila, dan P5

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Nilai, Pembiasaan Perilaku Berbasis Nilai Pancasila, Pembelajaran IPS, Pendidikan Pancasila, dan P5
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Ni Wayan Yuly Hermalini
Date Deposited: 11 Aug 2025 00:16
Last Modified: 11 Aug 2025 00:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26272

Actions (login required)

View Item View Item