Paramita, Ni Made Nia Widiya (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK PICTURE AND PICTURE DAN TEKNIK MAKE A MATCH DALAM SETTING LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031021-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031021-ABSTRAK.pdf Download (110kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (253kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031021-LAMPIRAN.pdf Download (26MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif teknik picture and picture dan teknik make a match dalam setting lesson study terhadap hasil belajar tematik siswa kelas III A SD N 1 Baktiseraga. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian desain Rendomize Control Trials (RCTs). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III A SD Negeri 1 Baktiseraga sejumlah 28 orang. Populasi kelompok eksperimen pada kelas III A dipergunakan 14 orang diberikan perlakuan menggunakan teknik picture and picture dan teknik make a match dan 14 orang kelas III A sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar tematik dikumpulkan dengan instrumen berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Statistic Inferensial Independen Sample t-test. Berdasarkkan hasil penelitian, nilai rata-rata hasil belajar tematik siswa kelompok eksperimen = 23 dan kelompok kontrol = 19,7. Serta setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan SPSS 25.00 for Windows pada tabel keputusan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,043 yang artinya nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 (0,043 < 0,05), maka H0 ditolak dan H1 = diterima. Ini berarti hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen yang diajarkan melalui teknik picture and picture dan teknik make a match dalam setting lesson study pada hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik picture and picture dan teknik make a match dalam setting lesson study efektif meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas III A SD Negeri 1 Baktiseraga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, setting lesson study, picture and picture, make a match |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Nia Widiya Paramita |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 02:56 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 02:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2640 |
Actions (login required)
View Item |