Nita Maharani, Dewa Ayu (2025) PENGEMBANGAN E-POP UP BOOK CERITA MATERI KERAJAAN HINDU-BUDDHA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI SD NEGERI 9 KARANGASEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031353-COVER.pdf Download (638kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031353-ABSTRAK.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031353-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031353-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031353-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031353-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031353-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031353-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031353-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Rendahnya minat dan hasil belajar siswa sekolah dasar terhadap materi IPS menjadi permasalahan yang perlu diatasi dengan media pembelajaran yang menarik. Materi Kerajaan Hindu-Buddha sering dianggap membosankan dan sulit dipahami karena disampaikan secara konvensional tanpa dukungan media visual yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-pop up book berbasis cerita pada materi Kerajaan Hindu-Buddha untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang mencakup tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada siswa kelas IV sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-pop up book dapat meningkatkan pemahaman dan ketertarikan siswa terhadap materi IPS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa e-pop up book cerita efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Kerajaan Hindu-Buddha. Implikasi dari temuan ini adalah guru dapat memanfaatkan media digital interaktif sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran IPS di tingkat sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, E-Pop Up Book, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Dewa Ayu Nita Maharani |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 00:46 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 00:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26703 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |