Wiradewi, Ni Made (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbasis Cerita Rakyat Nusantara Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa Kelas IV SDN Gugus Sukawati VII Gianyar Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031173-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031173-ABSTRAK.pdf Download (315kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031173-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031173-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031173-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031173-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031173-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031173-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031173-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian bermaksud mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique berbasis cerita rakyat nusantara terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SDN Gugus Sukawati VII Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian berjenis eksperimen semu menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Sukawati VII Tahun Pelajaran 2019/2020 berjumlah 184 siswa. Penggunaan teknik pada penelitian adalah random sampling dengan mengacak kelas. Terlebih dulu sampel yang terpilih dilakukan uji penyetaraan menggunakan uji-t. Kelompok eksperimen dan kontrol ditentukan dengan cara diundi sehingga diperoleh sebanyak 26 siswa kelas IV SDN 3 Celuk sebagai kelompok eksperimen sedangkan sebanyak 30 siswa kelas IV SDN 1 Celuk sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan PPKn memakai instrument tes objektif bentuk pilihan ganda biasa berjumlah 40 butir yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan PPKn dikaji menerapkan uji-t. Hasil tes didapat nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 83,365 dan kelompok kontrol yaitu 76. Pada taraf signifikansi 5% dengan dk = n1+n2-2 diperoleh dk = 26 + 30 – 2 = 54, sehingga mendapatkan nilai ttabel = 2,005. Dari hasil analisis data diperoleh thitung = 2,880. Ini berarti thitung = 2,880 > ttabel = 2,005 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Value Clarification Technique berbasis cerita rakyat nusantara terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SDN Gugus Sukawati VII Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | value clarification technique, cerita rakyat nusantara, kompetensi pengetahuan PPKN. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI MADE WIRADEWI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 06:08 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 06:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2677 |
Actions (login required)
View Item |