PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUALARTICULATE STORYLINE3 UNTUKMENINGKATKANLITERASIMEMBACASISWAKELAIV SEKOLAHDASARNEGERI1ASTINA

Juur, Niko (2025) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUALARTICULATE STORYLINE3 UNTUKMENINGKATKANLITERASIMEMBACASISWAKELAIV SEKOLAHDASARNEGERI1ASTINA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031231-COVER.pdf

Download (631kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031231-ABSTRAK.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031231-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (298kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031231-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODEOLOGI PENELITIAN)
2111031231-BAB 3 METEOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031231-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031231-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031231- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031231- LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi membaca siswa sekaligus minimnya pemanfaatan media pembelajaran interaktif di kelas IV SD Negeri 1 Astina. Tujuan utama penelitian adalah mengembangkan dan menilai media pembelajaran multimedia interaktif yang dapat meningkatkan keterampilan literasi membaca siswa, khususnya pada materi teks narasi sejarah.Proses pengembangan media mengikuti model ADDIE, yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai teknik, termasuk observasi, wawancara, angket, serta studi dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dan kepraktisan. Penilaian dari ahli materi, media, dan desain masing-masing memperoleh skor 3,92; 3,82; dan 3,82, menunjukkan kategori sangat layak. Uji kepraktisan pada uji perorangan dan kelompok kecil memperoleh skor 4,00 dan 3,53, tergolong sangat praktis. Selanjutnya, uji-t menunjukkan nilai signifikansi p = 0,001 (<0,05), membuktikan bahwa media pembelajaran ini efektif meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa penggunaan media multimedia interaktif dapat menjadi solusi efektif untuk mendukung pembelajaran teks narasi sejarah di tingkat sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Media audiovisual, Articulate Storyline 3, Ide Pokok, Bahasa Indonesia
Subjects: P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Niko Juur
Date Deposited: 19 Aug 2025 06:34
Last Modified: 19 Aug 2025 06:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26797

Actions (login required)

View Item View Item