Putri, Ni Nyoman Adelia (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI PERKEMBANGIAKAN TUMBUHAN SECARA GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA KELAS IV DI SDN 1 PEKUTATAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2111031431_COVER)
2111031431_COVER.pdf Download (496kB) |
![]() |
Text (2111031431_ABSTRAK)
2111031431_ABSTRAK.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text (2111031431_BAB I PENDAHULUAN)
2111031431_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text (2111031431_BAB II KAJIAN TEORI)
2111031431_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2111031431_BAB III METODE PENELITIAN)
2111031431_BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2111031431_BAB IV HASIL PENELITIAN)
2111031431_BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2111031431_BAB V KESIMPULAN)
2111031431_BAB V KESIMPULAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2111031431_DAFTAR PUSTAKA)
2111031431_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text (2111031431_LAMPIRAN)
2111031431_LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif pada materi perkembangbiakan tumbuhan secara generatif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV mata pelajaran IPAS di sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dan menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode dari pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner dan tes. Data dari validitas media bersumber dari ahli media pembelajaran dan ahli materi pembelajaran IPAS SD. Data dari kepraktisan media bersumber pada praktisi (guru dan peserta didik) kelas IV SD. Pengujian untuk mengukur efektivitas produk dilakukan dengan menggunakan desain one group pretest posttest dengan jumlah sampel sebanyak 11 orang peserta didik kelas IV SD. Hasil dari data tes dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari pengembangan multimedia interaktif, dinyatakan (1) valid ditinjau pada aspek isi, desain, dan media multimedia interaktif; (2) praktis ditinjau dari perspektif praktisi guru dan peserta didik dengan sampel 2 orang guru dan 11 orang peserta didik; (3) efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dilihat dari hasil belajar peserta didik pada materi perkembangbiakan tumbuhan secara generatif, sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pada materi perkembangbiakan tumbuhan secara generatif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Pekutatan yang telah dikembangkan, dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPAS, sehingga layak digunakan secara berkelanjutan pada kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Pemahaman Konsep, Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif, IPAS. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Adelia Putri |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 23:09 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 23:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26839 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |