Dwianggreni, Luh Kade Surya (2025) Pengembangan Media Flipbook Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Bermuatan Socio-Scientific Issues (SSI) Pada Pembelajaran IPA Kelas VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113041026-COVER.pdf Download (937kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113041026-ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113041026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113041026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113041026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113041026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113041026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113041026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113041026-LAMPIRAN.pdf Download (43MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan flipbook materi ekologi dan keanekaragaman bermuatan Socio Scientific Issues (SSI) pada pembelajaran IPA kelas VII SMP sehingga menghasilkan media flipbook yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang terdiri atas lima tahapan pengembangan namun penelitian ini dibatasi hingga tahap development karena keterbatasan waktu. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan melibatkan 12 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kerambitan yang dimasukan ke dalam uji kelompok kecil dan 29 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kerambitan yang dimasukan dalam uji kelompok besar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar angket untuk uji validitas materi, bahasa, dan media serta lembar angket untuk uji kepraktisan oleh guru dan juga siswa. Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif digunakan untuk menguji validitas dan kepraktisan media dan secara kualitatif untuk menginterpretasikan data berupa komentar dan saran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) nilai KVG sebesar 1 (satu) untuk validitas materi, bahasa, dan media, sehingga dinilai sangat valid dan (b) uji kepraktisan dinilai sangat praktis karena diperoleh rerata persentase sebesar 98% dari hasil penilaian guru dan rerata persentase sebesar 93,4% dari uji kelompok kecil dan 98,4% dari uji kelompok besar. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook bermuatan Socio Scientific Issues (SSI) yang dihasilkan pada penelitian ini dikategorikan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPA pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati kelas VII SMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | flipbook, socio scientific issues, model ADDIE, validitas, kepraktisan, ekologi dan keanekaragaman hayati |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Luh Kade Surya Dwianggreni |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 18:22 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 18:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |