PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PENILAIAN KINERJA MATA PELAJARAN PRAKTIK LAPANGAN PADA FASE F DI SMKN 2 SINGARAJA

Darmini, Ni Putu Novi (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PENILAIAN KINERJA MATA PELAJARAN PRAKTIK LAPANGAN PADA FASE F DI SMKN 2 SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229021004-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229021004-ABSTRAK.pdf

Download (682kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229021004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229021004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229021004-BAB 3 MEODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229021004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229021004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229021004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (868kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229021004-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Darmini, Ni Putu Novi (2025), Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Mata Pelajaran Praktik Kerja Lapangan Pada Fase F di SMK Negeri 2 Singaraja. Tesis, Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I Dr. Ni Ketut Widiartini, M.Pd dan Pembimbing II Prof. Dr. I Wayan Artanayasa, S.Pd., M.Pd. Kata-kata kunci: instrumen penilaian, instrumen kinerja, tata busana, Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancang bangun instrumen kinerja mata pelajaran PKL khususnya pada program keahlian tata busana, dan untuk memperoleh instrumen asesmen yang valid dan reliabel untuk Mata Pelajaran PKL Program Keahlian Tata Busana pada peserta didik fase F. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah sebanyak 14 tenaga pendidik program keahlian tata busana dan 72 peserta didik fase F, Kompetensi Keahlian Tata Busana di Provinsi Bali. Rancangan penelitian ini menggunakan model pengembangan dari ADDIE dengan prosedur uji coba pengembangan instrumen penilaian meliputi uji validitas isi menggunakan indeks Content Validity Ratio (CVR), konsistensi internal butir menggunakan rumus koefisien korelasi product moment, reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach, uji daya beda butir dan analisis estimasi parameter instrumen kinerja mata pelajaran PKL. Hasil penelitian pertama ialah rancang bangun instrumen yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran, serta kualitas instrument yang menunjukkan bahwa: (1) Nilai CVR pada tiap soal adalah 1,00 yang menyatakan instrumen yang dikembangkan valid (2) Indeks korelasi setiap butir soal lebih besar dari pada r tabel dan reliabilitas butir pernyataan diperoleh hasil reliabel pada masing-masing instrument, Adapun butir instrument daya pembeda 106 butir penyataan sangat baik, 49 butir pernyataan baik, dan 14 butir pernyataan cukup, sehingga dapat disimpulkan instrumen asesmen yang dihasilakan telah valid dan reliabel serta dapat membedakan kualitas peserta didik dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, instrumen kinerja, tata busana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Ni Putu Novi Darmini
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:41
Last Modified: 12 Aug 2025 01:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26848

Actions (login required)

View Item View Item