Akbar, Rizki Maulana (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2013021014-COVER.pdf Download (798kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2013021014-ABSTRAK.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013021014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013021014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013021014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013021014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013021014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013021014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2013021014-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang belajar menggunakan model PBL berbantuan video pembelajaran dengan model DI. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian one way pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 4 Singaraja sebanyak 300. Sampel penelitian menggunakan teknik simple randomize dan 4 kelas sampel penelitian dengan total sampel 192. Data hasil belajar diukur menggunakan instrumen berbentuk tes pilihan ganda dengan reliabilitas sebesar 0,76 dan konsistensi internal tes bergerak pada 0,32-0,76. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis kovarian dan uji lanjut LSD dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kelompok dengan model PBL berbantuan video pembelajaran memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 79,37 (SD = 15,30), sedangkan kelompok dengan model DI sebesar 69,79 (SD = 14,25). Hasil uji ANAKOVA menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang belajar dengan model PBL berbantuan video pembelajaran dengan peserta didik yang belajar menggunakan model DI dengan nilai Fhitung sebesar 6,435 dan signifikansi sebesar 0,012. (2) Hasil uji LSD diperoleh bahwa10,908 lebih besar dari nilai LSD hitung yang besarnya 3,632, sehingga model pembelajaran PBL berbantuan video pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap kemampuan hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran DI. Simpulan hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara peserta didik yang belajar dengan model PBL berbantuan video pembelajaran dengan peserta didik yang belajar menggunakan model DI dengan taraf signifikansi 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBL, video, direct instruction, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | RIZKI MAULANA AKBAR |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 01:08 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 01:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |