PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK DI SMA

Akbar, Rizki Maulana (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013021014-COVER.pdf

Download (798kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013021014-ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013021014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013021014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013021014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013021014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013021014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013021014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013021014-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang belajar menggunakan model PBL berbantuan video pembelajaran dengan model DI. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian one way pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 4 Singaraja sebanyak 300. Sampel penelitian menggunakan teknik simple randomize dan 4 kelas sampel penelitian dengan total sampel 192. Data hasil belajar diukur menggunakan instrumen berbentuk tes pilihan ganda dengan reliabilitas sebesar 0,76 dan konsistensi internal tes bergerak pada 0,32-0,76. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis kovarian dan uji lanjut LSD dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kelompok dengan model PBL berbantuan video pembelajaran memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 79,37 (SD = 15,30), sedangkan kelompok dengan model DI sebesar 69,79 (SD = 14,25). Hasil uji ANAKOVA menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang belajar dengan model PBL berbantuan video pembelajaran dengan peserta didik yang belajar menggunakan model DI dengan nilai Fhitung sebesar 6,435 dan signifikansi sebesar 0,012. (2) Hasil uji LSD diperoleh bahwa10,908 lebih besar dari nilai LSD hitung yang besarnya 3,632, sehingga model pembelajaran PBL berbantuan video pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap kemampuan hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran DI. Simpulan hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara peserta didik yang belajar dengan model PBL berbantuan video pembelajaran dengan peserta didik yang belajar menggunakan model DI dengan taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PBL, video, direct instruction, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: RIZKI MAULANA AKBAR
Date Deposited: 13 Aug 2025 01:08
Last Modified: 13 Aug 2025 01:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26919

Actions (login required)

View Item View Item