Dewi, Ni Kadek Siwi Cipta (2025) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERORIENTASI TARI SEKAR JEMPIRING DENGAN SETTING PBL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113041034-COVER.pdf Download (632kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113041034-ABSTRAK.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113041034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113041034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113041034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113041034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113041034-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113041034-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113041034-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan mengetahui efektivitas media pembelajaran flipbook berorientasi Tari Sekar Jempiring dengan setting PBL dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak manusia kelas XI di SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian the randomized pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas XI B1, XI B2, XI C1, dan XI C2 di SMA Negeri 1 Pekutatan dengan total keseluruhan adalah 140 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan metode simple random sampling dan diperoleh kelas XI B2 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan media flipbook berorientasi Tari Sekar Jempiring dengan setting PBL dan kelas XI B1 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL tanpa media flipbook. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda. Data dianalisis secara deskriptif yang menggambarkan perbedaan hasil belajar kognitif siswa serta menggunakan analisis statistik untuk menguji hipotesis dan efektivitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai probabilitas dari uji hipotesis dengan uji t independen adalah 0,0001, yang berarti ada perbedaan signifikan hasil belajar kognitif antara siswa yang dibelajarkan dengan media flipbook berorientasi Tari Sekar Jempiring dengan setting PBL pada materi sistem gerak dan tanpa media flipbook. Hasil analisis effect size dengan rumus Cohen memperoleh nilai 1,065 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook berorientasi Tari Sekar Jempiring dengan setting PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak manusia di SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektivitas, flipbook, Problem Based Learning (PBL), hasil belajar kognitif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Siwi Cipta Dewi |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 06:57 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 06:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |