PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED (KWL) TERHADAP MINAT BACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS IDA DEWA AGUNG JAMBE KECAMATAN DAWAN KLUNGKUNG

Mulyantini, Ni Komang (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED (KWL) TERHADAP MINAT BACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS IDA DEWA AGUNG JAMBE KECAMATAN DAWAN KLUNGKUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031175-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031175-ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031175-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (398kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031175-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031175-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031175-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031175-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031175-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031175-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya minat baca dan kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar menjadi permasalahan yang perlu segera diatasi, mengingat pentingnya kedua aspek tersebut dalam mendukung keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Know Want Learned (KWL) terhadap minat baca dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan bentuk penelitian eksperimen Semu (Quasy Experiment). Rancangan eksperimen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV dengan total keseluruhan populasi sebanyak 162 siswa. Untuk menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Didapatkan 2 sekolah sebagai sampel yakni kelompok kontrol dan eksperimen. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model KWL secara signifikan meningkatkan minat baca dan kemampuan memahami bacaan siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah model KWL dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan literasi siswa sekolah dasar secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Know-Want To Know-Learned (KWL)1, Minat Baca2, Kemampuan Membaca Pemahaman3,
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Mulyantini
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:30
Last Modified: 13 Aug 2025 07:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26947

Actions (login required)

View Item View Item