Suryawan, Kadek Tedy Iwan (2025) PENGEMBANGAN VIDEO BELAJAR BAHASA ISYARAT TERMINOLOGI IPA PADA TOPIK WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA UNTUK SISWA KOLOK DI SD NEGERI 2 BENGKALA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
|
Text (COVER)
2111031296-COVER.pdf Download (465kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2111031296-ABSTRAK.pdf Download (210kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031296-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (229kB) |
|
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031296-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031296-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031296-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031296-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031296-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
2111031296-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan video bahasa isyarat sebagai media pembelajaran untuk istilah “kolok” dalam terminologi sains sekolah dasar, serta mengevaluasi validitas dan kelayakan video-video tersebut dalam mengajarkan bahasa isyarat terkait zat dan perubahannya kepada siswa inklusif kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Bengkala 2. Penelitian ini mengikuti proses ADDIE lima langkah, yang merupakan singkatan dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode triangulasi menggabungkan pengamatan, wawancara, dan kuesioner untuk mengumpulkan data. Kami menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis temuan. Studi ini mencapai nilai validitas media sebesar 0.942 dari ahli materi pelajaran yang berkualifikasi tinggi dan validitas media ahli sebesar 0.987, juga dari individu yang berkualifikasi tinggi. Persentase hasil kepraktisan untuk guru dan siswa masing- masing mencapai skor 95%, mendapatkan kualifikasi excellent. Hasil validitas dan kepraktisan menunjukkan bahwa video instruksional bahasa isyarat untuk istilah “kolok” dalam ilmu pengetahuan dasar adalah valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pengajaran bahasa isyarat bagi siswa kelas IV pendidikan inklusif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Video belajar bahasa isyarat, Terminologi IPA, Bahasa isyarat kata kolok. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
| Depositing User: | Kadek Tedy Iwan Suryawan |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 23:14 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 23:14 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27254 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
