Wijaya, I Made Aldi Kusuma (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BONDALEM TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
|
Text (COVER)
2111031478-COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2111031478-ABSTRAK.pdf Download (383kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031478-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (250kB) |
|
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031478-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031478-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031478-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031478-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
2111031478-DAFTAR ISI.pdf Download (230kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
2111031478-LAMPIRAN.pdf Download (33MB) |
Abstract
Kemampuan membaca pemahaman merupakan keterampilan penting dalam menunjang keberhasilan belajar siswa. Namun, hasil observasi dan tes awal menunjukkan siswa kelas IV SD Negeri 2 Bondalem masih mengalami kesulitan memahami isi teks, menemukan ide pokok, dan menyimpulkan bacaan. Hal ini disebabkan pembelajaran yang masih didominasi ceramah dan penggunaan buku teks tanpa dukungan media inovatif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Data dikumpulkan melalui metode tes dan non-tes, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian meliputi dua ahli materi, dua ahli media, satu guru, dan 20 siswa kelas IV. Instrumen penelitian berupa angket validasi, angket respon, serta tes membaca pemahaman dengan desain one group pretest-posttest. Hasil uji validitas menunjukkan media komik digital edukatif memperoleh skor 0,97 dari ahli materi dan 0,95 dari ahli media (kategori sangat valid). Uji kepraktisan memperoleh skor 91% dari guru dan 95% dari siswa (kategori sangat baik). Uji efektivitas menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05), yang menunjukkan adanya peningkatan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Media komik digital edukatif dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 2 Bondalem tahun pelajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Komik Digital Edukatif, Membaca Pemahaman, ADDIE |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
| Depositing User: | I Made Aldi Kusuma Wijaya |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 00:10 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 00:10 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
