Widyaningsih, Ida Ayu Tri (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031287- COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031287- ABSTRAK.pdf Download (316kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031287-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (247kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031287-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031287-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031287-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031287-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031287- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031287- LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Instrumen penilaian hasil belajar IPA sangat penting dikembangkan untuk meningkatkan kualitas instrumen yang digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan IPA. Instrumen penilaian digunakan untuk mengukur suatu data berdasarkan fakta dan pelaksanaan yang akurat di lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen penilaian yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu, (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Instrumen penilaian yang dikembangkan kemudian diuji untuk mengetahui kualitasnya. Uji analisis yang dilakukan yaitu uji analisis validitas dan uji reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil analisis, rata-rata validitas instrumen yang diperoleh sebesar 1,00 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,66. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata instrumen penilaian hasil belajar dinyatakan valid dan memiliki kategori sangat tinggi. Hasil dari penelitian ini adalah seperangkat instrumen penilaian hasil belajar IPA pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku yang terdiri atas 30 butir soal pilihan ganda. Produk ini sudah divalidasi oleh para ahli dan dilakukan analisis berdasarkan adanya uji empiris. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan tersebut telah teruji validitas dan reliabilitasnya sehingga dapat digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran yang akurat pada aspek kognitif siswa. Kata kunci: instrumen penilaian; IPA; hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen penilaian, IPA, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Tri Widyaningsih |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 21:23 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 21:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2738 |
Actions (login required)
View Item |