ANALISIS EFFECT SIZE MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD

Nugraheni, Ni Komang Putri Widuri (2020) ANALISIS EFFECT SIZE MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031208-COVER.pdf

Download (429kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031208-ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031208-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031208-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031208-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031208-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031208-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031208-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031208-LAMPIRAN.pdf

Download (346kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD. Metode yang digunakan adalah meta-analisis yaitu review naratif atau review sistematik dengan menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional yang berkaitan dengan penggunaan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD. Sampel analisis adalah lima buah jurnal nasional yang diterbitkan pada rentang tahun 2012-2020, yang membahas penulisan eksperimen penggunaan model inkuiri terbimbing terhadap kemmpuan berpikir kritis. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yaitu menghitung effect size dari lima artikel dengan mengidentifikasi mean, standar deviasi dan varians dari perhitungan pada uji-t. Instrument penulisan berupa lembar pengkodean yang merangkum data dan informasi jurnal. Berdasarkan hasil analisis pengaruh secara keseluruhan didapatkan nilai rata-rata besar pengaruh sebesar 1,79 yang termasuk ke dalam kategori efek besar. Diharapkan model inkuiri terbimbing ini dapat digunakan secara maksimal di SD, dan untuk para peneliti seharusnya menggunakan lebih banyak jurnal-jurnal yang sudah terakreditasi dengan sampel yang banyak, agar kualitas dari penelitian semakin bagus dan akurat untuk mengukur pengaruh dari penggunaan suatu model.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Meta-analisis, effect size, Inkuiri Terbimbing, Kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI KOMANG PUTRI WIDURI NUGRAHENI
Date Deposited: 28 Jul 2020 08:29
Last Modified: 28 Jul 2020 08:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2787

Actions (login required)

View Item View Item