Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD di Gugus V Kecamatan Negara Tahun Pelajaran 2019/2020

Ningtyas, Ni Putu Diah Rahayu (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD di Gugus V Kecamatan Negara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031070- COVER.pdf

Download (690kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031070-ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031070-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (133kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031070-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031070-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031070-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031070-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031070-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031070-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Negara antara yang dibelajarkan dan yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain non equivalent post-test only control grup desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Negara yang berjumlah 129 siswa. Dipilih melalui random sampling dengan menggunakan teknik undian, dengan kelas eksperimen yaitu SD N 1 Baluk dan kelas kontrol SD N 4 Baluk. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda. Adapun mean dari hasil analisis data yaitu kelas eksperimen (83,85), dan kelas kontrol (73,13). Analisis data selanjutnya menggunakan uji-t memperoleh hasil thitung = 2,78, berdasarkan taraf signifikan 5% dengan dk = 49 mendapatkan ttabel = 2,015. Hasil analisis data menunjukkan thitung = 2,78> ttabel = 2,015. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Negara antara yang dibelajarkan dan yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual terhdapat hasil belajar IPS siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Negara Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : make a match, audio visual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Diah Rahayu Ningtyas
Date Deposited: 27 Jul 2020 22:09
Last Modified: 27 Jul 2020 22:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2811

Actions (login required)

View Item View Item