Ningtyas, Ni Putu Diah Rahayu (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD di Gugus V Kecamatan Negara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031070- COVER.pdf Download (690kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031070-ABSTRAK.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031070-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (133kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031070-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031070-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031070-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031070-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031070-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031070-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Negara antara yang dibelajarkan dan yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain non equivalent post-test only control grup desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Negara yang berjumlah 129 siswa. Dipilih melalui random sampling dengan menggunakan teknik undian, dengan kelas eksperimen yaitu SD N 1 Baluk dan kelas kontrol SD N 4 Baluk. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda. Adapun mean dari hasil analisis data yaitu kelas eksperimen (83,85), dan kelas kontrol (73,13). Analisis data selanjutnya menggunakan uji-t memperoleh hasil thitung = 2,78, berdasarkan taraf signifikan 5% dengan dk = 49 mendapatkan ttabel = 2,015. Hasil analisis data menunjukkan thitung = 2,78> ttabel = 2,015. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Negara antara yang dibelajarkan dan yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual terhdapat hasil belajar IPS siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Negara Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : make a match, audio visual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Diah Rahayu Ningtyas |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 22:09 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 22:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2811 |
Actions (login required)
View Item |