Ningsih, Ni Putu Sri Utami Endang Adi (2020) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V GUGUS IV MENGWI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031116-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031116-ABSTRAK.pdf Download (304kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031116-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (634kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031116-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031116-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (759kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031116-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031116-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031116-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031116-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media kreatif terhadap keterampilan berpikir kritis pada kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V. Berdasarkan observasi pada tanggal 28 Oktober sampai 29 Oktober 2019, informasi yang diperoleh bahwa keterampilan berpikir kritis siswa masih perlu dioptimalkan. Hal ini dilihat dari Penilaian Tengah Semester (PTS) semester ganjil, khususnya muatan Ipa dari 248 siswa, sebanyak 50,40% nilai siswa dibawah KKM. Faktor-faktor yang menyebabkan nilai siswa belum mencapai KKM diantaranya keterampilan berpikir kritis terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa belum optimal. Eksperimen semu dengan desain Non Equivalen Controlgroup Design digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini yaitu kelas V yang berjumlah 248 siswa dan diperoleh sampel pada kelompok eksperimen yaitu 32 kelas eksperimen dan pada kelas kontrol 35 siswa kelas V. Rata-rata(X̅) gainskor ternormalisasi keterampilan berpikir kritis siswa menunjukan skor rata-rata keterampilan berpikir kritis kelompok eksperimen X̅ = 0,329 > rata-rata(X̅) keterampilan berpikir kritis kelompok kontrol = 0,234. Analisis data menggunakan uji-t dan menggunakan rumus polled varians. Data yang didapat t hitung = 2,159 > t tabel = 1,997, pada taraf signifikasi 5% (dk = 35+32-2 = 65) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan model Discovery Learning berbantuan media kreatif memiliki pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis pada kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V. Implikasi Teoretis yakni pemilihan model pembelajaran berpengaruh pada keterampilan berpikir kritis. Model serta media dalam penelitian ini dapat diterapkan dalam keterampilan berpikir kritis pada kompetensi pengetahuan IPA. Dan implikasi praktis yakni hasil penelitian dapat dijadikan masukan kepada guru dan dapat diterapkan pada pembelajaran di SD yaitu dengan model Discovery Learning berbantuan media kreatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery learning, Media Kreatif, Keterampilan Berpikir Kritis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI PUTU SRI UTAMI ENDANG ADI NINGSIH |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 23:06 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 23:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2843 |
Actions (login required)
View Item |