Dewi, Luh Arya Kurnia (2020) Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPS kelas IV SD Negeri Gugus Pupuan Tegalalang Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031196-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031196-ABSTRAK.pdf Download (313kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
1611031196-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (341kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
1611031196-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1611031196-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (892kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031196-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1611031196-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031196-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (327kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031196-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inkuiri berbantuan Mind Mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPS Kelas IV SD Negeri Gugus Pupuan Tegalalang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain “none equivalent post test only control group design”. Populasi pada penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri Gugus Pupuan Tegalalang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD negeri 1 Pupuan Tegalalang sebagai kelas control dan siswa kelas IV SD negeri 4 Pupuan Tegalalang sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPS dilakukan dengan menggunakan instrument tes objektif atau tes pilihan ganda biasa. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistic uji-t. hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Negeri Gugus Pupuan Tegalalang Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas control yang diperoleh T-hitung = 1.053 > T-tabel 0.679. selain itu, nilai rata-rata kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping = 82,77 > = 72,89 kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS kelas IV SD Negeri Gugus Pupuan Tegalalang Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Mind Mapping, Kompetensi Pengetahuan IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri, Mind Mapping, Kompetensi Pengetahuan IPS. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | LUH ARYA KURNIA DEWI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 22:27 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 22:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2863 |
Actions (login required)
View Item |