Salamah, Salamah (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY BERBANTUAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031146-COVER.pdf Download (546kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031146-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031146-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (130kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031146-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031146-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031146-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031146-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031146-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031146-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Rancangan penelitian eksperimen yang digunakan untuk penelitian ini adalah pra eksperimental dengan desain one shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus X Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 126 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV di SD N 3 Kaliuntu yang diambil dengan cara undian. Masing-masing kelas IV di tiap sekolah dasar diberi nomor urut. Dari lima sekolah dasar yang terdapat di Gugus X Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng, dilakukan satu kali pengundian untuk menentukan partisipan. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik inferensial (Uji T Bruning). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa SD didapat nilai t sebesar 16.968 (nilai signifikansi= 0.000). berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar IPA, Somatic Auditory Visualization Intellectualy, Peta Pikiran |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | SALAMAH |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 08:39 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 08:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2883 |
Actions (login required)
View Item |