HUBUNGAN MOTIVASI INTRINSIK DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAJARAN FISIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI SE-KOTA SINGARAJA TAHUN AJARAN 2019/2020

Dwi Cita Pusparini, Kadek (2020) HUBUNGAN MOTIVASI INTRINSIK DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAJARAN FISIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI SE-KOTA SINGARAJA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613021025-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613021025-ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613021025-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Rendahnya prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri se-Kota Singaraja menjadi masalah utama yang dikaji dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis hubungan antara motivasi intrinsik dan prestasi belajar fisika siswa; (2) menganalisis hubungan antara persepsi siswa terhadap pelajaran fisika dan prestasi belajar fisika siswa; dan (3) menganalisis hubungan secara bersama-sama antara motivasi intrinsik dan persepsi siswa terhadap pelajaran fisika dengan prestasi belajar fisika siswa Kelas X MIA SMA Negeri se-Kota Singaraja. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan metode kuantitatif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri se-Kota Singaraja dengan jumlah 830 orang. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling dan didapatkan 259 orang. Data diambil dengan cara penyebaran kuesioner motivasi intrinsik dan persepsi siswa terhadap pelajaran fisika dan tes prestasi belajar fisika pada populasi penelitian. Nilai koefisien realiabilitas kuesioner motivasi intrinsik sebesar 0,950, persepsi siswa terhadap pelajaran fisika sebesar 0,949, dan tes prestasi belajar sebesar 0,745. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi, uji regresi, dan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis pada taraf signifikansi didapatkan harga Fhitung > Ftabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan antara motivasi intrinsik, persepsi siswa terhadap pelajaran fisika, dan prestasi belajar siswa. Kesimpulan penelitian menunjukkan (1) β sebesar 0,588 atau β > 0 yang artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi intrinsik terhadap prestasi belajar fisika dengan sumbangan efektif sebesar 12,67%; (2) nilai β sebesar 0,701 atau β>0 yang artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap pelajaran fisika terhadap prestasi belajar dengan sumbangan efektif sebesar 59,03%; (3) nilai β bernilai 0,127 pada motivasi intrinsik dan β bernilai 0,598 pada persepsi siswa terhadap pelajaran fisika atau β>0 yang artinya terdapat hubungan positif dan signifikan secara bersama-sama antara motivasi intrinsik dan persepsi siswa terhadap pelajaran fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri se-Kota Singaraja dengan sumbangan efektif sebesar 12,67% disumbangkan oleh motivasi intrinsik dan 59,03% disumbangkan oleh persepsi siswa terhadap pelajaran fisika. Kata kunci: motivasi intrinsik, persepsi siswa terhadap pelajaran fisika, prestasi belajar fisika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: motivasi intrinsik, persepsi siswa terhadap pelajaran fisika, prestasi belajar fisika.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Kadek Dwi Cita Pusparini
Date Deposited: 29 Jul 2020 01:51
Last Modified: 29 Jul 2020 01:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2910

Actions (login required)

View Item View Item