Dewi, Diean Kusuma (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERMUATAN TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKn SISWA KELAS IV SD GUGUS II KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031085-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031085-ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031085-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (356kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031085-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031085-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031085-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031085-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031085-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (654kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031085-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving bermuatan tri hita karana terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SD Gugus II Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan menggunakan non-equivalent control group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas IV SD Gugus II Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020 berjumlah 300 siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok sampel dipilih melalui teknik Cluster Random Sampling dan telah melewati uji kesetaraan terlebih dahulu, kelompok eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas IV SD No.2 Canggu yang berjumlah 32 siswa. Sedangkan kelompok kontrol dalam penelitian ini adalah kelas IV SD No. 3 Tibubeneng dengan jumlah 34 siswa. Dalam proses pengumpulan data, metode tes dipilih sebagai instrumen dengan jenis tes objektif pilihan ganda biasa. Data post test yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varian. Rata-rata nilai post test kompetensi pengetahuan PPKn kelompok eksperimen yaitu 82,44 dan kelompok kontrol yaitu 71,73. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 4,041 > ttabel = 2.000 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 64 sehingga H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran creative problem solving bermuatan tri hita karana memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SD Gugus II Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Creative Problem Solving, Tri Hita Karana, Kompetensi Pengetahuan PPKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Diean Kusuma Dewi |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 09:41 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 09:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2925 |
Actions (login required)
View Item |