Laraswati, Ni Luh Made Febi (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SELF - EFFICACY DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIA 3 SMA NEGERI 2 BANJAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613021026-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021026-ABSTRAK.pdf Download (690kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1613021026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (679kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (916kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (446kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613021026-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan Self – efficacy siswa, (2) meningkatkan hasil belajar fisika siswa, dan (3) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa sejumlah (34 orang) kelas XI MIA 3 SMA Negeri 2 Banjar. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran PBL, self – efficacy, hasil belajar dan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran fisika. Data Self – efficacy siswa diperoleh melalui angket kuisioner tiap akhir siklus, data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes hasil belajar tiap akhir siklus, dan data tanggapan siswa diperoleh melalui angket pada akhir siklus kedua. Seluruh data analisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) skor rata – rata self – efficacy siswa siklus I sebesar X ̅=69,47 dan siklus II X ̅=77,24, kategori (2) nilai hasil belajar siswa siklus I sebesar X ̅=72,07 dengan ketuntasan klasikal 82,32% dan siklus II sebesar X ̅=83,81 dengan ketuntasan klasikal 88,23 %, (3) skor rata – rata tanggapan siswa terhadap penerapan model PBL dalam pembelajaran fisika sebesar X ̅=80,47 dengan kategori sangat positif. Penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan self – efficacy dan hasil belajar siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 2 Banjar Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model Problem Based Learning, self – efficacy, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Made Febi Laraswati |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 03:51 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 03:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2976 |
Actions (login required)
View Item |