Junianti, Ni Made (2020) PENGARUH MODEL ELICITING ACTIVITIES BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN DENPASAR TIMUR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031260_COVER.pdf Download (848kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031260_Abstrak.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031260_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (433kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031260_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031260_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (867kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031260_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031260_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031260_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (444kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031260_LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh yang signifikan Model Eliciting Activities Berbasis Kontekstual terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau Quasi Eksperimen, dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Seluruh Kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 10 kelas terdiri dari 350 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SDN 12 Kesiman sebagai kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas V SDN 7 Kesiman sebagai kelompok kontrol sebanyak 35 siswa. Data kompetensi pengetahuan Matematika dikumpulkan dengan instrumen berupa tes essay berjumlah 5 butir tes yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan Matematika dianalisis dengan uji-t polled varian. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 23,000. Harga tersebut kemudian dibandingkan dengan harga ttabel dengan dk = 63 dan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga ttabel = 2,000 berarti Ho ditolak, karena thitung = 23,000 > ttabel = 2,000. Demikian pula rerata kompetensi pengetahuan Matematika kelompok eksperimen = 0,64 > = 0,18 rerata kompetensi pengetahuan Matematika kelompok kontrol. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika kelompok yang dibelajarkan melalui Model Eliciting Activities Berbasis Kontekstual dengan kelompok yang dibelajarkan melalui Pembelajaran Konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan, Model Eliciting Activities Berbasis Kontekstual berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan Matematika kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Eliciting Activities, Berbasis Kontekstual, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI MADE JUNIANTI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 20:33 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 20:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3058 |
Actions (login required)
View Item |