Adriliyani, Putu Ayu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS II KECAMATAN BANGLI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031310-COVER.pdf Download (489kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031310-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031310-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031310-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031310- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031310-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031310-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031310-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031310-LAMPIRAN.pdf Download (18MB) |
Abstract
Hasil belajar IPA sebagian besar siswa yang masih rendah, mendorong perlunya menciptakan proses pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu caranya, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match berbasis Lingkungan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a Match berbasis Lingkungan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini yaitu Eksperimen Semu dengan desain penelitian Non-equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian adalah siswa kelas IV SD dengan jumlah 180 orang siswa. Sampel diambil dengan cara random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 44 orang siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan teknik tes berupa tes pilihan ganda. Data hasil belajar IPA yang diperoleh dianalisi menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung = 2,97 dan taraf signifikan (2-tailed) = 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Make a Match berbasis lingkungan dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan model Make a Match berbasis Lingkungan pada siswa kelas IV SD. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Make a Match berbasis lingkungan akan berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Implikasi penggunaan model Make a Match berbasis Lingkungan pada pembelajaran IPA, yaitu siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran dan mampu menumbuhkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan memotivasi siswa dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, make a match, lingkungan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Ayu Adriliyani |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 21:14 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 21:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3197 |
Actions (login required)
View Item |