PENGARUH MODEL PROJECT BASED E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 PUPUAN

WATI, NI PUTU SRI SULIS SETIA (2020) PENGARUH MODEL PROJECT BASED E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 PUPUAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613021014-COVER.pdf

Download (675kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613021014-ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613021014-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

PENGARUH MODEL PROJECT BASED E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 PUPUAN Oleh: Ni Putu Sri Sulis Setia Wati, NIM 1613021014 Program Studi Pendidikan Fisika ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Pupuan antara siswa yang belajar dengan model project based e-learning dan siswa yang belajar dengan model direct e-learning. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain one way pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Pupuan yang terdiri dari 118 siswa yang telah terdistribusi ke dalam empat kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini, yaitu random assignment. Sampel terdiri atas dua kelas, yaitu: X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 27 orang dan X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 29 orang. Data kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh dengan tes kemampuan berpikir kreatif yang berjumlah 12 butir soal uraian, dengan konsistensi internal butir tes dari 0,323 s/d 0,599 dan reliabilitas tes sebesar 0,677. Data yang terkumpul dianalisis berdasarkan analisis deskriptif dan analisis kovarian satu jalur. Tindak lanjut dari analisis kovarian satu jalur adalah analisis signifikansi perbedaan nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa melalui Least Significant Difference (LSD). Semua pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikan 5%. Pengujian hipotesis diawali dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa antara siswa yang belajar dengan model project based e-learning dan siswa yang belajar dengan model direct e-learning (F*=168,154;p=0,001). Hasil uji LSD = 17,937*;p=0,001 yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar dengan model project based e-learning secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model direct e-learning. Kata kunci: model project based e-learning, model direct e-learning, kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: model project based e-learning, model direct e-learning, kemampuan berpikir kreatif siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Ni Putu Sri Sulis Setia Wati
Date Deposited: 29 Jul 2020 08:06
Last Modified: 29 Jul 2020 08:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3338

Actions (login required)

View Item View Item