PENERAPAN E-MODUL INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI BALI MANDARA

Wulandari, Devy Dyah (2020) PENERAPAN E-MODUL INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI BALI MANDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613041032-COVER.pdf

Download (635kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041032-ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041032-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041032-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-modul terhadap (1) motivasi dan hasil belajar secara simultan, (2) motivasi belajarnya, dan (3) hasil belajar siswa, yang dibelajarkan dengan menerapkan e-modul interaktif dan e-modul konvensional (sebagai kelompok kontrolnya). Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dan didesain dengan rancangan non equivalent pre and post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas di SMA Negeri Bali Mandara. Sampel dipilih dengan teknik sampling acak sederhana dan terpilih kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang mencakup 20 siswa, dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen yang mencakup 22 siswa. Data motivasi belajar diperoleh melalui pengisian kuisioner motivasi belajar berskala likert dan data hasil belajar diperoleh melalui tes evaluasi hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan Uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar secara simultan (p< 0,05), (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar siswa, jenis modul hanya memengaruhi sebesar 2,90% terhadap motivasi belajar siswa (p> 0,05) dan (3) Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan e-modul interaktif dan e-modul konvensional, jenis modul memengaruhi sebesar 30,80% terhadap hasil belajar siswa (p< 0,05). Dapat disimpulkan bahwa penerapan e-modul interaktif memengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa secara simultan serta hasil belajar siswa, namun tidak memengaruhi motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Interaktif, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: DEVY DYAH WULANDARI
Date Deposited: 29 Jul 2020 04:58
Last Modified: 29 Jul 2020 04:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3354

Actions (login required)

View Item View Item