PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA N 1 SAWAN

Anggraini, Ni Ketut Dewi (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA N 1 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613041052-COVER.pdf

Download (829kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041052-ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041052-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041052-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041052-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk Lembar Kerja Siswa dan untuk mengetahui Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan jenis rancangan penelitian research and development dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari Define, design, develop dan Disseminate oleh Thiagarajan. Penelitian ini mengukur tentang Validitas, Kepraktisan, dan Efektivitas Lembar Kerja Siswa. Validasi Lembar Kerja Siswa dilakukan oleh 2 ahli dan 2 praktisi, dari tahap validasi yang dilakukan menyatakan LKS yang dikembangkan sangat valid, hal ini dapat diketahui dari hasil validasi ahli sebesar 81,5% dan validasi praktisi sebesar 91,5%. Pada tingkat kepraktisan dinilai oleh praktisi dan siswa, dari hasil penilaian tingkat kepraktisan Lembar Kerja Siswa menyatakan bahwa Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan sangat praktis digunakan, dengan hasil angket respon guru sebesar 92,38% dan angket respon siswa memperoleh presentase sebesar 91,13%, dan pada efektivitas diperoleh setelah siswa selesai menggunakan Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan, dari hasil yang diperoleh menyatakan Lembar Kerja Siswa sangat efektiv digunakan dalam pembelajaran biologi pada materi ekosistem dengan ketuntasan klasical yang diperoleh sebesar 93,93%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, LKS, Validitas, Kepraktisan, Efektivitas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Ni Ketut Anggraini
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:24
Last Modified: 29 Jul 2020 02:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3379

Actions (login required)

View Item View Item