Fikri, Mu'tasim (2020) PENGARUH SOCIAL SKILL TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN KERJA SAMA PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK DIPONEGORO KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611061063-COVER.pdf Download (756kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611061063-ABSTRAK.pdf Download (270kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
1611061063-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (196kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
1611061063-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1611061063-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061063-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1611061063-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061063-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611061063-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan social skill training terhadap kemampuan kerja sama pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Diponegoro Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental) menggunakan rancangan penelitian Non-Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok B TK Diponegoro Kecamatan Buleleng berjumlah 69 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 33 siswa. Data hasil kemampuan kerja sama dikumpulkan dengan teknik observasi yang dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t. Hasil analisis diperoleh thitung = 23,425 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dengan dk= 31 diperoleh nilai ttabel = 2,039 sehingga thitung = 23,425 > ttabel = 2,039. Berdasarkan kriteria pengujian, maka H0 ditolak, ini berarti hipotesis HA diterima yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara kelompok anak yang memperoleh pembelajaran social skill training dengan kelompok anak yang tidak memperoleh pembelajaran social skill training terhadap kemampuan kerja sama pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Diponegoro Tahun Pelajaran 2019/2020. Nilai rata-rata kemampuan kerja sama pada kelompok yang memperoleh pembelajaran social skill training adalah 41,12 sedangkan nilai rata-rata pada kelompok yang tidak memperoleh pembelajaran social skill training adalah 19,12. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan kerja sama antara kelompok anak yang memperoleh pembelajaran social skill training dengan kelompok anak yang tidak memperoleh pembelajaran social skill training terhadap kemampuan kerja sama pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Diponegoro Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata-kata kunci: AUD, kemampuan kerja sama, socil skill training
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | AUD, kemampuan kerja sama, socil skill training |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Mu'tasim Fikri |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 14:24 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 14:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3533 |
Actions (login required)
View Item |