SUDARTI, NI KADEK (2020) ANALISIS PENGARUH FAKTOR KECEMASAN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI SE-KOTA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011091-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011091-abstrak.pdf Download (382kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011091-bab 1 pendahuluan.pdf Download (539kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011091-bab 2 kajian teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011091-bab 3 metodelogi penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011091-bab 4 hasil dan pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011091-bab 5 penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011091-daftar pustaka.pdf Download (388kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011091-lampiran.pdf Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh langsung maupun tidak langsung antara faktor kecemasan belajar dan gaya belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri se-Kota Singaraja tahun pelajaran 2019/2020 dengan sampel sebanyak 234 siswa yang diambil menggunakan teknik stratified random sampling. Data pada penelitian ini adalah data kemampuan penalaran matematis, data kecemasan belajar siswa dan data gaya belajar siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa adalah soal uraian. Sementara itu, instrumen yang digunakan untuk mengukur kecemasan belajar dan gaya belajar adalah kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan belajar secara langsung berpengaruh negatif terhadap kemampuan penalaran matematis dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,59. Sementara itu, gaya belajar secara langsung berpengaruh positif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,46. Selanjutnya ditemukan bahwa kecemasan belajar dan gaya belajar juga mempengaruhi kemampuan penalaran matematis secara tidak langsung dengan koefisien korelasi sebesar -1,13. Kecemasan belajar merupakan faktor yang lebih dominan mempengaruhi kemampuan penalaran matematis dibandingkan gaya belajar yakni sebesar 34,8%, sedangkan gaya belajar hanya sebesar 21,1%. Hasil penelitian ini mengharapkan proses pembelajaran yang dirancang dapat meminimalisir kecemasan belajar serta menggunakan gaya belajar yang tepat sehingga sehingga dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis. Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematis, Kecemasan Belajar, Gaya Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Penalaran Matematis, Kecemasan Belajar, Gaya Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | NI KADEK SUDARTI |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 03:11 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 03:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3590 |
Actions (login required)
View Item |