PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN DARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS XI MIPA 2 DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/2020

Arsa, I Ketut Suka (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN DARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS XI MIPA 2 DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1313021068-COVER.pdf

Download (509kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1313021068-ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1313021068-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (339kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1313021068-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1313021068-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1313021068-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1313021068-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1313021068-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1313021068- LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (i) meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIPA II SMA Negeri 2 Singaraja menggunakan penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe TPS (think pair share) berbantuan daring, dan (ii) menjelaskan tanggapan siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TPS (think pair share). Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Singaraja pada kelas XI MIPA-2 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes esai yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari rerata tes hasil belajar pada siklus I dan II. Masing- masing siklus nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 74.26, standar deviasi sebesar 4.94 dengan ketuntasan klasikal sebesar 70.58%. Nilai terendah yang didapat siswa sebesar 65 dan nilai terbesar siswa sebesar 85. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 80.88 dengan standar deviasi sebesar 5.70 dan ketuntasan klasikal sebesar 88.24%. Nilai terendah yang didapat siswa sebesar 65 dan nilai terbesar siswa sebesar 90. Tanggapan siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2019/2020 terhadap penerapan pendekatan think pair share (TPS) pada kategori Baik dengan skor rata-rata sebesar 78.18. Kata kunci: model pembelajaraan kooperatif tipe TPS, pembelajaran Daring, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaraan kooperatif tipe TPS, pembelajaran Daring, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Ketut Suka Arsa
Date Deposited: 30 Jul 2020 04:18
Last Modified: 30 Jul 2020 04:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3636

Actions (login required)

View Item View Item