Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA oleh Guru SMP Negeri di Kecamatan Sawan

Pradnyawati, Dewa Ayu Diah (2020) Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA oleh Guru SMP Negeri di Kecamatan Sawan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613071049-COVER.pdf

Download (582kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613071049-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (419kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071049-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071049-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613071049-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang meliputi aspek isi RPP, pemahaman guru terhadap pendekatan saintifik dan kendala-kendala guru dalam membuat RPP oleh Guru IPA di Kecamatan Sawan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi dokumentasi, angket yang diberikan kepada Guru IPA di Kecamatan Sawan dan wawancara dengan Guru IPA yang membuat RPP. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) persentase aspek komponen isi RPP sebesar 70,83% kategori cukup sesuai dengan pedoman yang digunakan ; (2) persentase pemahaman guru terhadap aspek pendekatan saintifik sebesar 87,8% kualitas seluruh guru sangat baik terhadap pendekatan saintifik; (3) kendala-kendala guru IPA dalam menyusun RPP di Kecamatan Sawan yaitu pada penilaian dan sarana prasarana penunjang pembelajaran IPA. This study aims to describe the Learning Implementation Plan (RPP) which includes aspects of the contents of the RPP, the teacher's understanding of the scientific approach and the constraints of the teacher in making the RPP by the Science Teachers in Sawan District. This research was a descriptive study with a qualitative approach. Data collection methods used in this research were documentation studies, questionnaires given to Science Teachers in Sawan District and interviews with Science Teachers who make RPP. The results of the study show the following. (1) the percentage of components of the contents of the RPP of 70,83% in the category quite accordance with the guidelines used; (2) the percentage of teachers' understanding of the scientific approach aspect by 87.8%; (3) the constraints of science teachers in preparing lesson plans in the Sawan sub-district, assessment and namely the infrastructure that supports science learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: RPP, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Dewa Ayu Diah Pradnyawati
Date Deposited: 09 Oct 2020 02:15
Last Modified: 09 Oct 2020 02:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3962

Actions (login required)

View Item View Item