Dewi, I Dw Ayu Made Ratna (2020) PENGEMBANGAN LKPD IPA SMP BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613071045-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613071045-ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (368kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071045-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071045-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613071045-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan karakteristik lembar kerja peserta didik (LKPD), menganalisis validitas LKPD, dan menganalisis keterbacaan LKPD yang dikembangkan. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian research and development (R&D) dan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Kegiatan pengembangan yang dilakukan hanya sampai tahap development (uji keterbacaan) karena keterbatasan waktu, biaya, dan kondisi yang kurang mendukung karena masih dalam situasi pandemi. Uji validasi terhadap LKPD IPA SMP berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar dilakukan oleh dua orang ahli pendidikan IPA dan dua orang praktisi yang merupakan guru IPA. Keterbacaan produk penelitian ini diuji secara terbatas oleh dua belas orang peserta didik kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD hasil pengembangan memiliki karakteristik yaitu menggunakan sintak model inkuiri terbimbing, (2) nilai validasi dari para ahli adalah 4,64 yang menunjukkan kategori sangat valid, (3) nilai validasi dari para praktisi adalah 4,24 yang menunjukkan kategori sangat valid, dan (4) nilai hasil uji keterbacaan adalah 4,36 yang menunjukkan kategori sangat jelas. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data uji validitas dan uji keterbacaan produk yaitu LKPD IPA SMP berbasis inkuiri terbimbing layak untuk diaplikasikan dalam membantu proses belajar mengajar IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD IPA, model ADDIE, model pembelajaran inkuiri terbimbing. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | I DW. AYU MADE RATNA DEWI |
Date Deposited: | 09 Oct 2020 02:19 |
Last Modified: | 09 Oct 2020 02:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3967 |
Actions (login required)
View Item |