Pratama, I Gede Dendy Juni (2020) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Berpendekatan Saintifik Berorientasi Model Pembelajaran Nature Of Science Pada Tema 7 Di Kelas 4 SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031210-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031210-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031210-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031210-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031210-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031210-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031210-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yakni rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tematik berpendekatan saintifik dengan berorientasi model pembelajaran Nature Of Science. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (research and development) yang berorientasi pada produk. Produk yang dikembangkan adalah perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Produk yang telah dikembangkan akan divalidasi dan diuji kelayakannya terlebih dahulu sebelum diberikan kepada peserta didik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan yang digunakan oleh Thiagarajan, dkk. (1974) yaitu model pengembangan 4-D yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Produk yang dikembangkan akan diuji terlebih dahulu validitas isi dan validitas konstruknya oleh 2 orang ahli, kemudian akan diuji validitas dan kepraktisannya oleh 5 praktisi. Produk berada pada kategori valid dengan perhitungan analisis product moment di mana semua butir pernyataan memperoleh rxy sebesar 1,00. Di mana untuk N=5 r-tabel bernilai 0,878 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh rata – rata skor 3,71. Nilai tersebut berada pada kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa produk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dikembangkan memenuhi syarat kepraktisan. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berpendekatan saintifik berorientasi model pembelajaran Nature Of Science yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan layak untuk digunakan serta memenuhi syarat kepraktisan. Kata kunci: Nature Of Science, Pendekatan Saintifik, Rencana Perangkat Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nature Of Science, Pendekatan Saintifik, Rencana Perangkat Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I GEDE DENDY JUNI PRATAMA |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 10:10 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 10:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4334 |
Actions (login required)
View Item |