PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REKONSTRUKSI SOSIAL BERBASIS MULTIKULTURAL TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS DI SMP N 4 SINGARAJA

Hermaswari, Made Santhi (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REKONSTRUKSI SOSIAL BERBASIS MULTIKULTURAL TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS DI SMP N 4 SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829091002-COVER.pdf

Download (366kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829091002-ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829091002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829091002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829091002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829091002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829091002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829091002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829091002-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisis perbedaan sikap sosial antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model rekonstruksi sosial berbasis multikultur dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional, (2) Untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model rekonstruksi sosial berbasis multikultur dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional, (3) untuk menganalisis perbedaan secara simultan sikap sosial dan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model rekonstruksi sosial berbasis multikultur dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional di kelas IX SMP Negeri 4 Singaraja. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 4 Singaraja pada tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 352 orang yang tersebar di sebelas kelas. Penentuan sampel penelitian dengan random sampling, ditentukan kelas IX B4 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing sampel 32 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan tes. Data dianalisis dengan anava dan manova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan sikap sosial antara siswa yang mengikuti model pembelajaran rekonstruksi sosial berbasis multikultur dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan Fhitung = 51,053 (p < 0,05), (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran rekonstruksi sosial berbasis multikultur dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan Fhitung = 189,749 (p < 0,05), dan (3) terdapat perbedaan sikap sosial dan hasil belajar IPS secara simultan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran rekonstruksi sosial berbasis multikultur dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan FWilks' Lambda = 2821,588 (p < 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Rekonstruksi Sosial Berbasis Multikultural, Sikap Sosial, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Made Santhi Hermaswari
Date Deposited: 22 Oct 2020 07:18
Last Modified: 22 Oct 2020 07:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4360

Actions (login required)

View Item View Item