Dewi, Ida Ayu Putu Ratna Novian (2020) Pengembangan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Kelompok B Di TK Negeri Pembina Tampaksiring Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611061018-COVER.pdf Download (985kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611061018-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061018- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (241kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611061018-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kemampuan mengenal warna pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Tampaksiring sangat rendah, ini dilihat dari anak-anak saat melakukan kegiatan menggambar, anak-anak sangat kebingungan dalam mengambil warna yang diperintahkan oleh gurunya. Oleh karena itu peneliti menggunakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk merancang media flashcard untuk meingkatkan kemampuan mengenal wana pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Tampaksiring, mengetahui kelayakan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Tampaksiring. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Brog and Gall yang terdiri dari 10 tahapan tetapi dalam penelitian ini hanya menggunakan 6 tahapan yang terdiri dari studi pendahuluan atau observasi di lapangan, perencanaan penelitian, pengembangan produk, validasi produk, revisi produk uji coba produk dalam penelitian ini melibatkan ahli materi dan ahli desain media pembelajaran sebagai validator. Subyek penelitian ini adalah guru kelompok B di TK Negeri Pembina Tampaksiring. Nilai dari dua orang validator ahli materi tersebut dirata-ratakan sehingga memperoleh hasil 78,33% termasuk dalam kualifikasi baik dengan keterangan layak. Hasil dari nilai validator ahli media yaitu 92% termasuk ke dalam kualifikasi sangat baik dengan keterangan sangat layak. Nilai dari enam orang guru tersebut dirata-ratakan sehingga memperoleh hasil 97,55%, termasuk dalam kualifikasi sangat baik dengan keterangan sangat layak di TK Negeri Pembina Tampaksiring. Berdasarkan hasil uji coba maka dinyatakan bahwa media flashcard untuk pengenalan warna bagi anak yang sudah dikembangkan dapat digunakan di Taman Kanak-Kanak sebagai media pembelajaran. Dengan tujuan untuk mempermudah guru dalam mengajar pengenalan warna untuk anak. Kata kunci : pengembangan, media flashcard, warna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media flashcard, warna |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Putu Ratna Novian Dewi |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 10:06 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 10:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4407 |
Actions (login required)
View Item |