Devy Anggarini, Ni Putu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CAROUSEL FEEDBACK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS UNTUNG SURAPATI KECAMATAN DENPASAR TIMUR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829041032-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829041032-ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (382kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (908kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (448kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829041032-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Anggarini Ni Putu, Devy (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Carousel Feedback terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Untung Surapati Kecamatan Denpasar Timur. Tesis. Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah diperiksa dan disetujui oleh pembimbing I: Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si, dan pembimbing II: Dr. I Made Gunamantha, ST. MM. Kata kunci: hasil belajar IPA, kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran kooperatif tipe carousel feedback Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe carousel feedback terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelBuka lagi dari awal nti muncul kolom absenas IV SD Negeri Gugus Untung Surapati Kecamatan Denpasar Timur. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan the posttest-only control-group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus Untung Surapati Kecamatan Denpasar Timur pada Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 203 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Adapun sampel pada penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 6 Sumerta sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD Negeri 7 Sumerta sebagai kelompok kontrol. Data kemampuan berpikir kritis dikumpulkan menggunakan kuesioner, sedangkan data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe carousel feedback dengan model konvensional pada pembelajaran IPA kelas IV SD, 2) terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe carousel feedback dengan model konvensional pada pembelajaran IPA kelas IV SD, dan 3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA yang signifikan secara simultan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran tipe carousel feedback dengan model konvensional pada pembelajaran IPA kelas IV.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPA, kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran kooperatif tipe carousel feedback |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Devy Anggarini |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 12:56 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 12:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4426 |
Actions (login required)
View Item |