Dwisaputri, Ni Made Widnyani (2020) Pengembangan Instrumen Kemampuan Percakapan Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Gugus II Kecamatan Bebandem Kabupaten Karangasem Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611061041-COVER.pdf Download (442kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611061041-ABSTRAK.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (273kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061041-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061041-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611061041-LAMPIRAN.pdf Download (333kB) |
Abstract
Permasalahan yang dihadapi terkait dengan kualitas penilaian saat ini adalah adanya penggunaan instrumen penilaian kemampuan percakapan anak yang masih diragukan kelayaknnya, sehingga dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan instrumen penelitian kemampuan percakapan anak kelompok B dilihat dari validitas dan reliabilitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan menggunakan model RDR (Research, Development, Research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket validasi dengan melibatkan dua orang pakar untuk menguji kelayakan instrumen. Subjek penelitian ini adalah instrumen penilaian kemampuan percakapan anak kelompok B yang terdiri atas kisi-kisi dan lembar angket dengan jumlah pernyataan sebanyak 12 butir. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji validitas dengan rumus Gregory dan uji reliabilitas dengan rumus Kuder Richadson-20. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pernyataan yang valid sebanyak 10 butir dengan perhitungan validitas intrumen penilaian kemampuan percakapan pada anak kelompok B sebesar 0,83 dengan kriteria validitas sangat tinggi, danmreliabilitas instrumen penilaian kemampuan percakapan pada anak kelompok B sebesar 0,81 dengan kriteria reliabilitas sangat tinggi. Dengan demikian instrumen penilaian yang dikembangkan dalam penelitian ini telah menunjukkan valid dan reliabel sehingga layak digunakan untuk mengukur kemampuan percakapan anak kelompok B.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan percakapan, instrumen penilaian, anak kelompok usia 5-6 tahun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | NI MADE WIDNYANI DWISAPUTRI |
Date Deposited: | 25 Oct 2020 11:13 |
Last Modified: | 25 Oct 2020 11:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4450 |
Actions (login required)
View Item |