Dewi, Putu Eka Setia (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613021034-COVER.pdf Download (245kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021034-ABSTRAK.pdf Download (120kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021034-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021034-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (112kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613021034-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom Problem Based Learning (FCPBL) dan model konvensional. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singaraja yang terdiri dari 252 orang siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik assignment random sampling dengan jumlah 72 orang siswa yang terdistribusi ke dalam dua kelas berbeda. Data yang dicari dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa yang diukur dengan tes kemampuan berpikir kritis siswa. Tes kemampuan berpikir kritis siswa terdiri dari 10 butir soal esai. Indeks konsistensi internal butir tes bergerak dari s/d dan reliabilitas tes adalah yang artinya memiliki reliablitias tinggi. Data yang diperoleh diuji dengan analisis deskriptif, kovarian (ANAKOVA) dengan taraf signifkansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran FCPBL, kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kualifikasi tinggi ( M = 75,21, SD = 7,33), dan pada kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model konvensional, kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kualifikasi tinggi (M = 71,97, SD = 6,98). Hasil uji F ANAKOVA menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan kemampuan berpikir kritis siswa antara siswa yang belajar dengan menggunakan model FCPBL dan kelompok siswa yang belajar dengan model konvensional (F* = 35,605, p < 0,05). Hasil tindak lanjut uji LSD menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa untuk kelompok siswa yang belajar dengan model FCPBL lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok model konvensional (LSD = 1,597, ).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Model Flipped Classroom Problem Based Learning (FCPBL), Model Konvensional |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | PUTU EKA SETIA DEWI |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 07:48 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 07:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4597 |
Actions (login required)
View Item |