Sarwa, Gede (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031280-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031280-ABSTRAK.pdf Download (40kB) |
|
Text (BAB1 Pendahuluan)
1611031280-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (96kB) |
|
Text (BAB 2 Kajian Teori)
1611031280-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 Metodelogi Penelitian)
1611031280-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 Hasil Dan Pembahasan)
1611031280-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 Penutup)
1611031280-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
1611031280-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
|
Text (Lampiran)
1611031280-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran PMRI pada mata pelajaran matematika meteri pengolahan data siswa kels V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D dengan tahapan yaitu 1) Define (Pendefinisian), 2) Design (Perancangan), 3) Develop (Pengembangan), 4) Disseminate (penyebarluasan). Instrument yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas perangkat pembelajaran adalah rating scale berupa lembar penilaian ahli. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah metode kuesioner dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Kegiatan uji coba menghasilkan data berupa angka yang dihitung nilai rata-rata kemudian dikonversikan dengan tabel PAP skala lima. Hasil penelitian ini adalah 1) perangkat pembelajaran PMRI mata pelajaran matematika pada materi pengolahan data meliputi RPP dan LKPD, 2) produk ini sudah divalidasi oleh ahli matematika, ahli asesmen pembelajaran dan dua orang guru kelas V dari SD yang berbeda. Nilai dari empat orang ahli perangkat RPP mendapatkan skor 4,33 dan perangkat LKPD skor 4,32, sehingga dikategorikan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan pendekatan PMRI, pelajaran matematika, perangkat pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gede Sarwa Merta Dana Winaya |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 04:57 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 04:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5243 |
Actions (login required)
View Item |