Sukanaya, I Gede (2021) PENGARUH PENGGUNAAN ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INGGRIS DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN KOVARIABEL EFIKASI DIRI SISWA. Doctoral thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1439011004-COVER.pdf Download (521kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1439011004-ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1439011004-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (342kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1439011004-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only until March 2021. Download (508kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
1439011004-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only until March 2021. Download (942kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1439011004-BAB4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only until March 2021. Download (837kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1439011004-BAB5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only until March 2021. Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1439011004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1439011004-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan asesmen portofolio terhadap kemampuan menulis Bahasa Inggris dan disiplin belajar dengan kovariabel efikasi diri siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan rancangan single factor independent group design with use of covariate. Penelitian ini dilakukan pada dua SMK di kota Singaraja, Bali dan melibatkan 144 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi kuisioner disiplin belajar, kuisioner efikasi diri, dan tes uji kemampuan menulis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis dan disiplin belajar yang signifikan antara siswa pada kelompok ekperimen dan kontrol, (2), secara simultan terdapat perbedaan kemampuan menulis dan disiplin belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol, (3) terdapat perbedaan kemampuan menulis dan disiplin belajar yang signifikan antara siswa pada kelompok ekperimen dan kontrol setelah efikasi diri dikontrol, (4) secara simultan terdapat perbedaan kemampuan menulis dan disiplin belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol setelah efikasi diri dikontrol, (5) efikasi diri siswa dalam belajar bahasa inggris berkontribusi terhadap kemampuan menulis bahasa inggris dan disiplin belajar siswa. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa asesmen portofolio berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris dan disiplin belajar setelah mengontrol efikasi diri siswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | asesmen portofolio, disiplin belajar, efikasi diri, kemampuan menulis |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Gede Sukanaya |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 00:32 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 00:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5889 |
Actions (login required)
View Item |