Saputra, I Made Pebiana (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Model Hannafin and Peck Bermuatan IPA Kelas IV SD Negeri 3 Celuk Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031060-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031060-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031060-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (630kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031060-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (815kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031060-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (782kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031060-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031060-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031060-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (494kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031060-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penggunaan media pembelajaran dalam jaringan belum mampu memenuhi tuntutan pembelajaran yang diinginkan secara maksimal. Penelitian pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk (1) Menggambarkan rancang bangun dalam pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif dengan model Hannafin and Peck pada kelas IV SD muatan IPA di SD Negeri 3 Celuk (2) Mendeskripsikan validitas hasil pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif dengan model Hannafin and Peck pada kelas IV SD muatan IPA di SD Negeri 3 Celuk. Penelitian ini dikembangkan menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck yang meliputi tiga tahapan, yaitu (a) penilaian kebutuhan, (b) perancangan, (c) pengembangan dan implementasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Celuk dengan subjek penelitian ini adalah 9 orang peserta didik kelas IV. Instrumen penelitian terdiri dari lembar angket penilaian produk. Penelitian ini menggunakan teknis analisis data, yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Kelayakan media ini diuji dengan cara memvalidasi produk kepada pakar ahli, yaitu ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa nilai validitas produk dengan kategori sangat baik dengan hasil sebagai berikut. (a) Hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan hasil sangat baik (92,8%), (b) Hasil review ahli desain pembelajaran dengan hasil sangat baik (92,8%), (c) Hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan hasil sangat baik (93,1%), (d) Hasil uji coba perorangan sangat baik (94,2%), hasil uji coba kelompok kecil dengan hasil baik (89,75%). Berdasarkan hasil uji coba yang didapatkan bisa disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif ini sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, multimedia interaktif, hannafin and peck |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Pebiana Saputra |
Date Deposited: | 06 May 2021 01:17 |
Last Modified: | 06 May 2021 01:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6140 |
Actions (login required)
View Item |