Putra, I Gusti Ngurah Agung Darma (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal Tri Kaya Parisudha Dalam Muatan Materi Keanekaragaman Budaya Pembelajaran IPS Kelas IV SD Nomor 3 Abiansemal. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031253-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031253-ABSTRAK.pdf Download (338kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031253-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (458kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031253-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031253-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (844kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031253-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031253-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031253-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (365kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031253-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Rancang Bangun Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal Tri Kaya Parisudha Dalam Muatan Materi Keanekaragaman Budaya Pembelajaran IPS Kelas IV SD dan Untuk mengetahui Kelayakan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal Tri Kaya Parisudha Dalam Muatan Materi Keanekaragaman budaya Pembelajaran IPS Kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini terbatas sampai pada tahap pengembangan, dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk melibatkan banyak siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu: metode observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah 12 orang siswa kelas IV SD. Dalam pengembangan media Video Animasi berbasis Kearifan Lokal Tri Kaya Parisudha ini validitas media berdasarkan penilaian ahli isi muatan pelajaran memperoleh 95,83% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional memperoleh 85% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh 88,33% dengan kualifikasi baik, uji coba perorangan 95,83% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil diperoleh 97,50% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data secara kuantitatif dan kualitatif, produk pengembangan Video Animasi berbasis Kearifan Lokal Tri Kaya Parisudha Dalam Muatan Materi Keanekaragaman Budaya Pembelajaran IPS Kelas IV SD ini sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: Video Animasi TKP,Pembelajaran IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I GUSTI NGURAH AGUNG DARMA PUTRA |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 05:59 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 05:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6192 |
Actions (login required)
View Item |