PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PERSEPTUAL MOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN SBDP KELAS IV SD

Purwaningrat, Ketut Widhia (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PERSEPTUAL MOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN SBDP KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031022-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031022-ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (496kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031022-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya instrumen penilaian perseptual motorik yang layak dalam menilai proses pembelajaran SBdP kelas IV SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan instrumen penilaian perseptual motorik siswa pada mata pelajaran SBdP kelas IV sekolah dasar yang telah dikembangkan dilihat dari segi validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model RDR (Research Development Research) Borg & Gall dengan tahapan-tahapan yaitu : (1) studi pendahuluan (research), (2) pengembangan (development), dan (3) validasi produk (research). Pada tahap validasi produk penelitian yang dilakukan terbatas hingga tahap uji ahli/pakar. Subjek penelitian ini adalah instrumen penilaian perseptual motorik siswa yang terdiri atas kisi-kisi, tes unjuk kerja, lembar penilaian, dan rubrik penilaian dengan jumlah pernyataan sebanyak 25 butir. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada 2 orang dosen. Instrumen pengumpulan data menggunakan rating scale dengan skala 4. Hasil analisis uji validitas isi dengan rumus Gregory diperoleh hasil sebesar 1,00 dengan kualifikasi validitas sangat tinggi sedangkan hasil analisis validitas dengan rerata skor diperoleh hasil ≥ 3 yang menunjukan bahwa instrumen yang dikembangkan valid. Hasil uji reliabilitas dengan rumus percentage of agreement diperoleh hasil ≥ 85% yang menunjukan bahwa instrumen yang dikembangkan reliabel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka instrumen penilaian perseptual motorik siswa pada mata pelajaran SBdP kelas IV SD yang telah dikembangkan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perseptual motorik, SBdP, Instrumen penilaian
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ketut Widya Purwaningrat
Date Deposited: 10 Jun 2021 01:26
Last Modified: 10 Jun 2021 01:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6198

Actions (login required)

View Item View Item