Putra, I Gede Ananda Sedana (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK PENDIDIKAN BERORIENTASI CHILDREN LEARNING IN SCIENCE PADA MUATAN IPA KELAS IV SD NEGERI 1 KESIMAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1711031059-COVER.pdf Download (668kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031059-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (352kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031059-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031059-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (547kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031059-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan media pembelajaran komik pendidikan dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru SD. Sehingga peserta didik kesulitan memahami materi dan cenderung akan merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran komik pendidikan berorientasi children learning in science pada muatan IPA kelas IV SD dan mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran Komik Pendidikan Berorientasi Children Learning In Science pada muatan IPA Peserta didik Kelas IV SD menurut hasil evaluasi para ahli, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg & Gall yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap validasi dan uji coba. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui kuesioner atau angket. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner atau angket. Kemudian dilakukan uji oleh ahli isi, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran. Setelah uji validitas tim ahli dilanjutkan dengan uji coba produk pada subjek uji yang melibatkan 3 peserta didik sebagai uji perorangan dan 9 peserta didik sebagai uji kelompok kecil. Dari pengujian validasi oleh ahli isi mata pembelajaran dengan rata-rata persentase 92,3% dalam kategori baik sekali. Hasil uji ahli desain pembelajaran dengan rata-rata persentase 94,2%. Hasil pengujian validasi oleh ahli media pembelajaran dengan rata-rata persentase 95,5%. Hasil uji perorangan dengan skor rata-rata sebesar 91,7%, dan dari tes terhadap uji kelompok kecil mencapai rata-rata persentase 91,3%. Sehingga dapat dinyatakan bahwa media komik pendidikan berorientasi children learning in science sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran muatan IPA di kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komik Pendidikan, Borg & Gall, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Ananda Sedana Putra |
Date Deposited: | 11 Jun 2021 01:25 |
Last Modified: | 11 Jun 2021 01:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6214 |
Actions (login required)
View Item |