Kusuma, Indah Ayu Prajna Santi (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FORMULATE SHARE LISTEN CREATE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 7 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1413011022-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1413011022-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1413011022-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pola kolaboratif antara guru di sekolah dan peneliti yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII B melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Formulate Share Listen Create yang berlangsung selama 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VII B SMP Negeri 7 Singaraja pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Guru bersama peneliti menyusun perencanaan pembelajaran bersama dan berupaya untuk mengatasi masalah-masalah yang muncul berdasarkan hasil reflesksi di setiap pertemuan. Dalam penelitian ini ditemukan: siswa pada awal pertemuan masih memerlukan perhatian lebih karena belum terbiasa dengan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC, ada siswa mengobrol saat jam pelajaran kemudian didisiplinkan oleh guru, dan dalam mengerjakan LKS siswa kekurangan sumber materi sehingga siswa diberikan lembaran materi tambahan. Pemahaman konsep matematika siswa diukur melalui instrumen penelitian berupa tes uraian di setiap akhir siklus, kemudian hasilnya dianalisis secara deskriptif. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe FSLC dan dengan upaya-upaya perbaikan di setiap siklusnya, menjadikan siswa mampu untuk lebih aktif dalam menemukan, memahami, mengklarifikasi dan memprediksi pengembangan konsep matematika yang dipelajarinya. Tahapan pada model FSLC ini juga menjadikan siswa mampu merumuskan jawaban secara individu, membagikan dan mendengarkan semua jawaban kemudian menciptakan jawaban baru dengan menggabungkan semua gagasan terbaik, sehingga mengakibatkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini juga ditunjukkan dengan hasil tes yang menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan rata-rata nilai dari 42,58 menjadi 86,29 dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat dari 6,25% menjadi 93,75%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kooperatif tipe formulate share listen create, pemahaman konsep matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Indah Ayu Prajna Santi Kusuma |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 06:29 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 06:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6273 |
Actions (login required)
View Item |