Widiantari, Ni Nyoman (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI PADA MUATAN IPS TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1711031082-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031082-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031082-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (114kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031082-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031082-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031082-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031082-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031082-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031082-LAMPIRAN.pdf Download (18MB) |
Abstract
Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar belum dapat dilaksanakan secara maksimal, apalagi pada masa pandemi covid-19 yang mengakibatkan sistem pembelajaran yang diterapkan yaitu sistem pembelajaran dalam jaringan. Penyampaian materi pembelajaran belum dapat dilaksanakan dengan baik karena bahan ajar interaktif sebagai sumber belajar pendukung masih kurang di Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan bahan ajar interaktif yang telah diuji dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE. Namun, karena adanya pandemi covid-19 maka dalam penelitian ini tahap implementasi dan evaluasi tidak dapat dilaksanakan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang ahli materi, satu orang ahli media, dua orang ahli praktisi, tiga orang siswa dalam uji respon perorangan dan enam orang siswa dalam uji respon kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus gregory yang telah dimodifikasi untuk mengetahui keterterimaan bahan ajar yang dikembangkan. Skor yang diperoleh dari keempat ahli adalah 1,00 dengan kualifikasi keterterimaan produk sangat tinggi. Hasil uji respon perorangan memperoleh skor rata-rata sebesar 4, 00 dan uji respon kelompok kecil memperoleh skor rata-rata sebesar 4, 00 dengan kualifikasi sangat baik. Jadi bahan ajar interaktif berbasis kearifan lokal Bali pada muatan IPS Tema 1 Indahnya Kebersamaan kelas IV Sekolah Dasar dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar, kearifan lokal, IPS, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Widiantari |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 06:55 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 06:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6441 |
Actions (login required)
View Item |